Keblinger

Keblinger

Review Asus Zenfone 4

| Minggu, 03 Agustus 2014
Hai sobat tipstipsku. Lama sudah tidak update blog karena admin lagi sibuk belajar di SMA. Maklum anak saintek jadi tugas banyak banget dan waktunya sedikit jadi jarang ada waktu luang. Hehe
Baiklah untuk bulan ini admin baru saja meminang hh android dari ASUS yaitu ZenFone 4 *yee
Cukup sulit untuk menemukan stok dari smartphone idola ini dengan harga normal, karena kebanyakan toko menjualnya dengan harga yang cukup overprice. Walau begitu ASUS ZenFone 4 termasuk salah satu ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik lho :D


Spesifikasi Utama
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Layar TFT 4.0 inci 480 x 800 pixel (~233 ppi)
Android 4.3 Jelly Bean, upgradeable to 4.4.2 Kitkat
Prosesor Dual-core 1.2 GHz Intel Atom Z2520
GPU PowerVR SGX544MP2
RAM 1GB
Memori Internal 8 GB
Kamera belakang 5 MP, 2592 x 1944 piksel autofokus
Baterai 1200 mAh

Paket Penjualan
ASUS Zenfone 4
2 Baterai
Charger
Kabel data
Manual
Kartu garansi


DESAIN
    Ketiga bersaudara Zenfone memiliki konsep desain yang serupa. Untuk yang paling mini ini Asus memberikan bodi yang seluruhnya terbuat dari plastik dan sesuai dengan nama yang digunakan ''Zen'', Zenfone 4 diberikan aksen garis-garis melingkar dibagian bawah tombol kapasitif. Ponsel ini memiliki dimesi yang pas digenggaman 124.4 x 61.4 x 11.5 mm dengan bobot 115 gram. Sudut yang melengkung dan tekstur bagian belakang yang kesat membuat genggaman nyaman dan tidak licin.
   Bagian depan terisi dengan LED notifikasi yang kecil, earpiece, kamera depan, sensor proximity, layar 4-inci, dan tiga buah tombol Android kapasitif tanpa backlight. Bagian belakang terisi dengan kamera utama dan speaker. Untuk keberadaan dua slot microSIM dan microSD harus membuka back cover dahulu. Untungnya dapat dilakukan tanpa harus mencabut baterai.

ANTARMUKA
   Umumnya smartphone Android murah saat ini menggunakan prosesor MTK atau Qualcomm yang seri lama plus RAM 512MB saja. Tapi ASUS memberikan alternatif lain melalui prosesor dual-core dari Intel dikombinasikan RAM sebesar ponsel mid-end yakni 1GB. Zenfone 4 menggunakan JellyBean 4.3 dengan janji update Kitkat 4.4.2.
   ZenUI dari ASUS wajib diberikan acungan jempol. Mengapa demikian? Antarmuka ZenUI menurut saya merupakan kostumisasi gabungan dari miUI dan LenovoUI plus sedikit terlihat BB10 di bagian lockscreen dan SenseUI di tampilan widget. Bukan hal yang buruk melainkan cara yang pintar mengambil sisi positif dari UI lain.

PERFORMA
Selama sebulan lebih pemakaian, Zenfone 4 mampu mengerjakan tugas dengan cepat dan bebas lag. Antarmuka yang banyak kostumisasi juga tidak melambatkan proses pergantian halaman-halaman. Dari 8GB internal memori yang diberikan, sekitar 4,6GB saja yang dapat dimanfaatkan, masih terbilang cukup untuk kelasnya. Beberapa game berat pun dapat berjalan dengan baik disini dengan settingan tertentu.

KAMERA
Nah disini ini fitur unggulan dari Asus ZenFone 4. Kenapa demikian? Walau hanya menggunakan kamera beresolusi 5MP tanpa led flash, tangkapan gambar di dalam ruangan terlihat cukup terang dari pada smartphone lain di rentang harga yang sama. Ya semua ini berkat fitur pixel master yang dibenamkan di Asus ZenFone, akan tetapi minus fitur Low Light Mode di Asus ZenFone 4.

MULTIMEDIA
ZenFone 4 ini menggunakan proci yang mantap dikelasnya jadi video full hd pun dapat dilahapnya. Alunan Musik pun cukup baik dilengkapi dengan audio wizard. Sayang sekali keluaran musik di speaker bawaan terdengar pelan sekali,bahkan saya pribadi jarang mendengarkan musik lewat speaker ponsel. Lebih sering lewat headset bluetoot hehehe. Yang sangat disayangkannya lagi kapasitas baterai yang diusungnya pun kurang menurut saya jadi untuk urusan multimedia akan terkendala di baterai yang tidak tahan lama. Sebagai alternatif ASUS memberikan 2 buah battery.

KESIMPULAN
Mungkin semuanya sudah bisa menyimpulkan jika melihat dari spesifikasi yang diberikan dan harga yang dibanderol, ponsel ini sangat patut menjadi pertimbangan jika ingin membeli smartphone Android satu jutaan pas. Bahkan setelah saya menggunakan selama 2 bulan cukup puas. Hanya satu kekurangan dari ponsel ini. Ya hanya isu baterai saja yang mengganggu, memang diberikan baterai ekstra, tapi akan repot bukan jika anda harus membuka casing belakang ponsel dikala perjalannan untuk mengganti baterai yang masih penuh tenaganya? Selain baterai, janji update Kitkat dan antarmuka fresh ala Zen juga menjadi nilai tambah. Selain itu Lounge di kaskus dan facebook pun cukup ramai jadi makin mudah untuk oprek-oprek :D

Kelebihan
+Spesifikasi dan performa mumpuni di harga murah
+Banyak terisi aplikasi bawaan dengan nilai tambah
+Baterai dapat diganti-ganti
+Layar berkualitas baik dibanding kompetitor dikelasnya

Kekurangan
+Kapasitas baterai minim
+Lapisan layar reflektif

Simak juga Asus ZenFone Smartphone Android Terbaik http://tipstipsku.blogspot.sg/2014/08/asus-zenfone-smartphone-android-terbaik.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Tips Tipsku